Peralatan Mencangkok Tanaman

Mencangkok adalah tehnik memperbanyak tanaman baru atau pengembangbiakan dengan cara vegetatif buatan. Ketika mencangkok tanaman, kita harus terlebih dahulu mengetahui jenis tanaman yang akan di cangkok. Tanaman yang dapat dicangkok pada umumnya adalah tanaman yang berkambium dan berbiji dikotil (biji berbelah dua). Fungsi dan keuntungan dari mencangkok adalah mendapatkan hasil atau buah dari pohon yang berukuran kecil, kualitas dari hasilnya sama dengan pohon yang tidak di cangkok dan cepat berbuah. Kekurangan dari mencangkok tanaman adalah pohon tidak memiliki akar tunggang yang berfungsi untuk menopang pohon setelah besar.

Tehnik cangkok sampai saat ini masih sangat diminati oleh kebanyakan orang. Namun tidak sedikit orang yang melakukan pencangkokan mengalami kegagalan, diantaranya adalah akar cangkokan yang tidak tumbuh sehingga mati. kini telah ada cara baru mencangkok cepat yang mudah, simpel, dan memiliki keberhasilan yang tinggi mencapai 99%..

Berikut adalah langkah-langkah mencangkok tanaman yang benar:

Bahan dan alat :

  • Formula ROOT PRO – Perangsang Akar

Formula Root Pro adalah hormon khusus yang diformulasikan untuk merangsang pertumbuhan akar dan memacu munculkan akar muda atau kalus pada batang tanaman. terdiri dari dua formula Root Pro yaitu hard wood dan soft wood. Contoh tanaman yang menggunakan Root Pro Hard wood ( berbatang keras) yaitu jaboticaba, kelengkeng, jambu air, mangga dll. Sedangkan contoh tanaman yang menggunakan Root Pro Soft Wood ( berbatang lunak) seperti tanaman tin dan nagger.
Note : yang membedakan kedua formula ini adalah kepekatan bahan aktif.

  • Gunting / Pisau

 

  • Kuas

  • Aluminium Foil

  • Media Cangkok

  • Plastik Wrap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

^